Thursday, February 23, 2012

Media Online dan Tantangan Multi Gadget


JAKARTA, KOMPAS.com - Media online tumbuh subur di tanah air. Penikmatnya pun tak terbatas pada pengguna komputer, tapi juga berbagai gadget yang ada.

Vice Director PT Kompas Cyber Media Edi Taslim menjelaskan media online akan sangat tergantung dengan tren teknologi yang ada.

Sehingga, cara membaca media online pun akan sangat berhubungan dengan perangkat teknologi yang akan dipakai.

"Ke depan, pembaca media online akan tersegmentasi berdasarkan perangkat yang dimiliki. Kami juga harus menyiapkannya berdasarkan platform yang ada," kata Edi dalam Annual Conference Online Media di Hotel Le Meridien Jakarta, Kamis (23/2/2012).

Beda dengan media cetak yang hanya dapat dinikmati secara konvensional (melalui kertas atau e-paper), media online dinikmati dari desktop ataupun perangkat mobile seperti telepon seluler atau tablet.

Edi mencontohkan jika di Kompas Cetak memiliki basis pelanggan sekitar 500.000 orang, maka pembaca media online akan lebih besar lagi.

Tapi jika dilihat dari perangkat yang digunakan, maka akan ada segmentasi perangkat yang juga menjadi peluang yang harus digarap.

"Misalkan pengguna media online di iPad sekitar 20.000 orang, pengguna di Android sekitar 30.000 orang atau yang mengakses via BlackBerry sekitar 70.000 orang. Kita juga mengatur agar media online tetap bisa enak dibaca di perangkat yang dimilikinya," jelasnya.

Dengan keragaman OS yang ada tersebut, pemilik media harus menyadari sistem media online yang dimiliki harus mendukung OS yang ada.

"Dulu kita investasi sekitar Rp 11 miliar untuk server, bandwidth serta lain-lain yang ditargetkan untuk lima tahun. Ternyata dalam dua tahun saja kita harus menambah lagi. Ini sesuatu yang tidak gampang," jelasnya.

Selain itu, media online juga memiliki karakteristik sendiri dan pembaca menginginkan sesuatu yang lebih spesifik.

Misalnya, pembaca media online tidak hanya mau membaca bola secara umum, tapi kini secara spesifik berita klub tertentu saja.

"Ke depan, segmentasi ini akan semakin banyak," jelasnya.



TERKAIT
Akurasi dan Kecepatan di Media "Online", Penting Mana?
Komentar di Media "Online", Tanggung Jawab Siapa?
Google Sediakan 100.000 Domain Gratis untuk UKM
Tarif Iklan Cetak Mahal, Broker Properti Melipir ke "Online"
Pengiklan Mulai Beralih ke Media Online

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes